MARAH ?

Ini adalah salah satu tips menghilangkan amarahmu dan mengubahnya menjadi tawa. Tips ini diambil dari salah satu buku Bestseller karya Andreas Harefa bersama Hendri Bun berjudul “UBAH AMARAHMU JADI TAWA”.

Dulu kita sering mendengar ungkapan: jangan suka marah nanti jantungan Mungkin ungkapan tersebut ada benarnya. Sebuah studi di AS menunjukkan pria yang bertemperamen keras lebih berpeluang mengalami sakit jantung dini dibanding pria yang lebih kalem. Studi yang melibatkan lebih dari seribu responden ini menyebutkan, pria yang selalu berada pada situasi penuh tekanan dengan perasaan marah dan mudah tersinggung akan mengalami peningkatan risiko gangguan jantung sampai tiga kali lipat sebelum berusia 55 tahun. Pria dengan kondisi ini juga lebih sering terkena serangan jantung sebelum berumur 55 tahun.

Sebelum makin serius bacanya, mungkin bisa break dulu dengan cuplikan cerita konyol ini.

Berikut adalah percakapan antara 2 sahabat, Ali dan Maman di sebuah warung.

Ali                   : “Kenapa, Man? Kok seneng banget, sih?”

Maman                        : “Saya baru baca surat dari istri saya di kampung. Suratnya sampai tadi sore.”

Ali                   : “Oh ya… Apa katanya? Tentu kabar baik dong?”

Maman                        : “Jelas, dong. Dalam suratnya dia bilang dia sudah melahirkan. Ayo…., saya lagi senang saat ini. Pesan apa saja yang kamu suka, saya traktir.”

Ali                   : “Waahhh.. Selamat jadi bapak, yaaa… Tentu harus cepat-cepat pulang kampung, dong?”

Maman                        : “Iya, lah… Apalagi saya sudah tiga tahun ini gak pernah pulang kampung dan ketemu istri saya..”

Ali                   : “Heh..????”

Itu hanya sekilas cerita konyol dari seorang pria konyol.

Percaya atau tidak, menarik napas dan menahannya bisa membuat kita menjadi lebih tenang ketika kita merasa emosi memuncak alias marah. Ketika sedang marah, tubuh akan mengeluarkan adrenalin yang memicu jantung berdetak lebih cepat, tekanan darah lebih tinggi sehingga membuat Anda siap untuk konfrontasi dengan siapa saja.

Dengan menarik napas dalam-dalam dan menahannya sebentar, lalu melepaskannya lagi, akan membuat detak jantung Anda melambat, dan mengirim sinyal ke otak bahwa Anda bisa mengatasi kemarahan tanpa harus berkonfrontasi.

Kalau kita sedang berkonfrontasi dengan lawan bicara, sulit sekali bagi kita untuk berpikir logis. Dan, jika kita dihadapkan pada kondisi demikian, ada sebuah saran yang mungkin berguna.  Image

Ketika emosi memuncak, cobalah untuk menyingkir sebentar sampai kita bisa memperoleh kembali control diri. Katakana pada lawan bicara bahwa kita perlu menyendiri beberapa saat. Basuh wajah dengan air dingin, lalu cobalah bernapas pelan-pelan. Jika dirasa sudah cukup tenang dan bisa berpikir logis, barulah kita kembalimenemui lawan bicara untuk menyelesaikan masalah.

Selain itu, terkadang ketika kita sedang marah, kita cenderung melampiaskannya dengan cara berteriak. Namun, hal itu sangat disarankan untuk tidak dilakukan karena sebuah teriakan tidak cukup sopan untuk didengar orang lain.

Sebagai alternatif, cobalah gunakan buku harian. Tulislah segala kesalahan kita, sampai sedetail dan setuntas-tuntasnya. Jika setelahnya kita memilih untuk merobeknya, tidak apa-apa, toh buku ini hanya sebuah media untuk pelampiasan kemarahan. Niscaya, dengan cara ini tidak ada yang akan merasa sakit hati atau dirugikan.

Nah, sekarang apakah teman-teman pembaca masih mau memilih jalan yang biasa anda pilih untuk melampiaskan amarah? Ataukah teman-teman ingin mengubah pribadi teman sekalian menjadi seorang pribadi yang lebih baik dan lebih tinggi derajatnya di mata manusia maupun di mata Sang Pencipta kita?

Piihan ada di tangan Anda.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s